Perahu Uniq - Media Informasi Kita
Headlines News :
Home » » Perahu Uniq

Perahu Uniq

ANAMBAS - Desa Mangkait, Siantan Selatan, Anambas memiliki seorang pengrajin dalam membuat replika perahu unik yang bernama Kebat. Keahliannya dalammembuat perahu unik ini bermula dari kesehariannya yang bekerja sebagai pembuat pompong nelayan. Kurang lebih selama 30 tahun dirinya menjadi buruh disebuah usaha pembuat kapal nelayan. Kini ia memiliki penghasilan sendiri dengan membuat replika perahu unik.
Kehalusan tangan kakek tua ini dalam membuat perahu menarik cukup banyak peminat. Hasil kerajinan tangannya tersebut kemudian dipesan sebagai oleh-oleh buah tangan dari Anambas. Disamping itu, perahunya sering diminta Kecamatan untuk ditampilkan pada pameran kerajinan dari Siantan Selatan.

"Sering dapat pesanan dari peminatnya, sejauh ini pemasaran baru dari orang ke orang saja. Perahu unik ini dibeli seharga Rp300.000. Tergantung
kerumitan membuatnya,"kata Kebat kepada Haluan Kepri, kemarin.

Berbagai macam model perahu dihasilkan tangan kreatif Kebat. Mulai dari Replika Jongkong, Pompong, Motor, sampai kapal asing dari Thailand dan Vietnam yang melaut di perairan Anambas. Replika kapal asing ini dibuatnya, lantaran kapal asing tersebut sering merapat diKiabu dan Mangkait karena kedua desa ini jauh dari Pusat Kecamatan dan Keamanan laut.

"Kapal asing ini memiliki ciri khas tersendiri, dari China, Thailand, Vietnam dan Malaysia itu kapalnya memiliki ciri khas masing-masing. Begitu juga dengan pompong tradisional juga memiliki ciri khas tersendiri,"tuturnya memperlihatkan hasil kerajinan tangannya.

Diiringi angin sepoi yang berhembus di pelantaran tempat ia bekerja, Kebat menghabiskan waktu untuk menciptakan perahu-perahu unik ini. Untuk membuat satu replika kapal-kapal yang ia inginkan, Kebat menghabiskan waktu selama tujuh sampai sebelas hari. Tergantung kesulitan dalam menciptakan keunikannya, sedangkan jenis kayu yang digunakan adalah kayu pulai yang diambil dari Temiang.

"Kita gunakan kayu pulai yang mudah dibentuk. Juga tekstur kayu yang mudah dihaluskan. Kayunya ringan,"katanya.

Kerajinan tangan Kebat ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat sebagai pengrajin. Saat ini harganya memang tinggi. Karena satu-satunya pengrajin di Mangkait hanyalah Kebat. Produk yang dihasilkan berkualitas dan dibutuhkan oleh pasar soevenir. Anambas sebagai daerah baru dan memiliki potensi wisata yang tinggi. Tentu bisa membuka peluang  usaha bagi pengrajin dalam menciptakan buah tangan yang menjadi kenangan bagi pengunjung.

"Sebagai kenang-kenanganlah bagi orang yang berkunjung ke Anambas. Kita daerah baru yang mayoritas menggantungkan hidup dilaut. Jadi pasar soevenir perahu ini cukup banyak juga peminatnya. Mudah-mudahan ada pengrajin baru yang dapat juga memproduksi ini,"tandas Kebat (yul)

sumber : http://haluankepri.com/news/anambas/22980-perahu-unik-dari-mangkait.html
Share this article :

1 komentar:

  1. keren banget kapal nya,,senang saya liatnya,,bsa jadi bahan percontohan untuk saya. saat ini saya jga lg mencoba membuat repelika kapal pompong khas daerah Dabo Singkep Kab.Lingga.:-) semoga berjaya Y pak.

    BalasHapus

 
Support : Sundaboy | Chinot | Garut Kulit Center
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Media Informasi Kita - All Rights Reserved
Media Informasi Kita
Original Design by Creating Website