Misteri Goa Jepang Pantai Lakey - Media Informasi Kita
Headlines News :
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Home » , , » Misteri Goa Jepang Pantai Lakey

Misteri Goa Jepang Pantai Lakey

Pantai Lakey merupakan pantai yang cukup terkenal karena menjadi salah satu pantai terbaik untuk berselancar kedua di dunia setelah Hawaii America,, kurang lebih sekitar 800 meter dari pantai Lakey, terdapat sebuah goa peninggalan Jepang. Goa Peninggalan Jepang ini ditemukan oleh warga setempat. Dan pada tahun 2010 Goa ini mulai digali. Di mana, Goa ini sudah ditutupi oleh bebatuan dan akar-akar pohon yang berumur puluhan tahun.

Pada saat dilakukan penggalian dengan mengeluarkan bebatuan yang berukuran besar dari dalam Goa. ternyata didalam goa ini terdapat tangga yang berjumlah sebanyak 69 buah, barak senjata, gudang perbekalan dll. Sebelum penggalian untuk bisa masuk kedalam goa peninggalan Jepang ini harus dengan cara membungkuk, dan hanya ada satu jalur untuk bisa masuk kedalam goa dikarenakan sudah tertutupi oleh bebatuan yang cukup besar.

Menurut pengakuan salah seorang saksi mata yang juga pernah mengerjakan pembuatan goa Jepang tersebut, di dalam goa ada kamar komendan, kamar staff, kamar prajurit yang luas dan beberapa kamar pertahanan. Disebutkan juga, dahulu jalur ke dalam goa, dilalui truk dan kendaraan roda empat. Tapi jalur dalam goa saat ditemukan sangat kecil, sehingga perlu dilakukan penggalian lebih dalam dari kalangan archeology. Dan kamar kamar yang ada didalam goa belum bisa ditemukan karena sudah tertutupi oleh bebatuan dan akar pepohonan.

Goa ini dijadikan sebagai benteng pertahanan Jepang yang berlokasi di Bukit Dusun Ncangga Desa Hu’u Kecematan Hu’u Dompu. Diatas goa ini terdapat pos pengintaian yang menghadap kelaut, karena Pantai Lakey merupakan salah satu pendaratan bagi tentara Jepang, Goa ini juga digunakan untuk penyimpanan bahan makanan dan persenjataan.

Pada waktu dulu ada seorang wisatawan asal Jepang dengan membawa sebuah peta dan menelusuri goa ini. Diduga peta itu berasal dari pemberian pejabat atau mantan tentara Jepang yang sudah meninggal. Dan  peta itu menunjukkan lokasi dimana harta karun yang ditinggalkan tentara Jepang. Dan Goa ini ternyata penuh dengan misteri misteri yang belum bisa terungkap.

Dengan adanya Goa Jepang dipantai Lakey kita jangan berbangga dulu, karena pada masa itu banyak nenek moyang kita yang dipekerjakan secara paksa untuk penggalian goa tersebut, tentunya sudah banyak nyawa yang dikorbankan oleh nenek moyang kita. Tetapi walaupun begitu kita harus menghargainya untuk dijadikan bukti sejarah yang ada di Pantai Lakey.

Mudah mudahan semua misteri Goa ini yang belum teruangkap, dapat dijadikan bahan penelitian oleh para ahli. Dan Goa ini layak dijadikan salah satu objek wisata Pantai Lakey yang cukup penomenal.


sumber : http://www.globalfmlombok.com
Share this article :

1 komentar:

Jaket Kulit Garut
 
Support : Sundaboy | Chinot | Garut Kulit Center
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Media Informasi Kita - All Rights Reserved
Media Informasi Kita
Original Design by Creating Website